Sabtu, 08 Januari 2011

proklamasi soekarno

      Saudara-saudara sekalian! Saja sudah minta saudara-saudara hadir di sini untuk menjaksikan satu peristiwa maha penting dalam sedjarah kita.
Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia tela berdjoeang untuk kemerdekaan tanah air kita.bahkan telah berratus-ratus tahun! Gelombangnja aksi kita untuk mentjapai kemerdekaan kita itu ada naik ada turunja,tetapi djiwa kita ,tetap menudju ke arah tjita-tjita.
Djuga di dalam djaman Djepang usaha kita untuk mentjapai kemerdekaan nasional tidak henti-henti.di dalam djaman Djepang ini,tampaknja sajakita menjandarkandiri kepada mereka.Tetapi pada hakikatnja tetap kita menjusun tenaga kita sendiri,tetap kita pertjaja kepada kekuatan sendiri.
Sekarang tibalah saatnjakita benar-benar mengambil nasib bangsa dan nasib tanah air di dalam tangan kita sendiri. Hanja bangsa jang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri akan mampu berdiri dengan kuatnja.
Maka kami, tadi malam telah mengadakan musjawarah dengan pemuka-pemuka rakjat indonesia.Permusjawaratan itu setia sekata beerpendapat,bahwa sekaranglah datang saatnjauntuk menjatakan kemerdekaan kita.
Saudara-saudara!Dengan ini kami njatakan kebulatan tekad itu.Dengarlah proklamasi kami:
PROKLAMASI

Kami bangsa indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekuasaan d.l.l.,diselanggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoe jang se singkai singkatnja.

Djakarta,hari 17 boelan 8 tahoen05
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar