Kamis, 23 September 2010

artikel pendidikan


Pendidikan Yang Bermutu adalah:
Pendidikan Berbasis-Guru yang Mampu dan Sejahtera, di Sekolah yang Bermutu, dengan
Kurikulum yang Sesuai dengan Kebutuhan Siswa-Siswi dan "Well Balanced" (seimbang,
dengan banyak macam keterampilan termasuk teknologi), yang Diimplementasikan secara
PAKEM (Pembelajaran Kontekstual). ("Mampu" termasuk Kreatif)
Kami di Pendidikan.Network sudah terus mendukung perkembangan teknologi di
DepDikNas maupun disek ol ah sejak tahun 1998. Tetapi kami juga wajib untuk memonitor
perkembangan teknologi dari sisi keuntungan dan kemajuan mutu pendidikan secara rialistik dan
holistik, kalau tidak, kita dapat lebih mundur dan hanya menghabiskan banyak dana
pendidikan yang sedang kurang. Apakah pembelajaran teknologi di sekolah adalah penting?
Tanggung jawab sekolah yang besar dalam memasuki era globalisasi adalah mempersiapkan
siswa-siswi untuk menghadapi tantangan-tantangan yang sangat cepat perubahannya. Salah satu
dari tantangan yang dihadapi oleh para siswa adalah menjadi pekerja yang bermutu.
Kemampuan berbicara dalam bahasa asing, kemahiran komputer dan Internet, dan
kemampuan menggunakan program-program seperti Microsoft merupakan tiga kriteria
utama yang pada umumnya diajukan sebagai syarat untuk memasuki lapangan kerja di
Indonesia
(dan di seluruh dunia).
Mengingat hanya sekitar 30% dari lulusanSMA di seluruh
wilayah Nusantara ini yang melanjutkan ke tingkat perguruan
tinggi formal, dan dengan adanya komputer yang telah merambah
di segala bidang kehidupan manusia, maka dibutuhkan suatu
tanggung jawab yang besar terhadap system pendidikan untuk
meningkatkan kemampuan berbahasa dan kemahiran komputer
bagi para siswa kita.
Pembelajaran teknologi adalah sangat
penting dan semua sekolah adalah wajib untuk mengajar
Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).
Walapun kita sangat mendukung pembelajaran teknologi, kita juga harus menjaga bahwa
"teknologi pembelajaran", yang hanya sebagai beberapa medium untuk menyampaikan pendidikan dan belum tentu meningkatkan mutu pendidikannya, tidak menjadi fokusnya mamajemen pendidikan sampai merugikan aspek-aspek lain yang betul dapat
meningkatkan mutu pendidikan.
Misalnya,JarDikN as. Salah satu tujuan utama adalah meningkatkan mutu pendidikan lewat
informasi yang lebih lengkap. Tetapi kelihatannya informasi mengenai masalah-masalah di
lapangan sudah banyak sekali. Termasuk informasi mengenai keadaan di banyak sekolah yang
ambruk dan mengancam keamanan anak-anak kita.Kapan masalah-masalah begini akan
diatasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar